Serial: The Haunting of Hill House (2018)

Selasa, Juni 09, 2020

Saya tahu saya akan jatuh cinta dengan serial televisi ini sejak melihat nama Mike Flanagan. Saking sayangnya, saya sampai sengaja tidak menonton serial ini di awal rilisnya dan baru mulai menontonnya secara perlahan sejak bulan April lalu. Oculus (2013), yang pernah saya tuliskan resensinya di sini, masih spesial di benak saya, makanya saya ingin menikmati The Haunting of Hill House pelan-pelan. I'm going to savour this series for sure.

“It was a house without kindness, never meant to be lived in, not a fit place for people or for love or for hope. Exorcism cannot alter the countenance of a house ; Hill House would stay as it was until it was destroyed.” 

The Haunting of Hill House merupakan serial saduran dari novel dengan judul sama karya Shirley Jackson yang diterbitkan pada tahun 1959. The Haunting of Hill House berkisah tentang keluarga Crain yang membeli dan pindah ke Hill House dengan tujuan untuk merenovasinya sebelum kemudian menjualnya kembali. Renovasi tersebut ternyata membutuhkan banyak waktu karena beragam permasalahan teknis yang muncul, hingga akhirnya renovasi yang dicita-citakan tidak dapat terwujud.

Meskipun ada beberapa sosok yang menjadi "hantu utama", namun para scaredy-cats tidak perlu takut untuk mengikuti serial ini karena The Haunting of Hill House merupakan horor psikologis minim adegan jump-scare. Hal yang menyeramkan menurut saya adalah bagaimana seluruh hantu "disembunyikan" dan menanti untuk mata kita temui. Saya sampai menggunakan laman ini untuk mencari-cari posisi si hantu di tiap episodenya.

Disajikan dengan alur antara masa lalu dan masa kini, The Haunting of Hill House disunting dengan amat menarik sehingga tidak membingungkan penontonnya. Selain itu, ada beberapa scene yang menggunakan teknik long shot yang tentunya memukau penonton. Detail scenes tersebut bisa dibaca di sini. Benar-benar mengingatkan saya akan tipisnya garis antara realita dan imajinasi serta sisi psikologis yang bisa menyayat hati di film Oculus (2013). Serial ini sangat saya rekomendasikan bagi seluruh penggemar genre horor.

The Haunting of Hill House dapat dinikmati di Netflix.

You Might Also Like

0 komentar

Thank you for spending your time here. Constructive criticism, question, occasional compliment, or a casual hello are highly appreciated.