Hamsterku Sayang, Hamsterku Malang

Selasa, Januari 31, 2023

Berawal dari browsing inspirasi rak buku dan credenza, saya menemukan sebuah foto yang membuat saya ber-ih iya juga ya!

Kandang hamster custom

Foto ini mengingatkan akan dosa masa lalu saya sewaktu SMA yang sempat memelihara sepasang hamster berwarna putih dan coklat, yang tentu saja saya beri nama Uti dan Okat. Kreatif!

Memelihara hamster (or any kind of legal pet of your choice) menurut saya adalah salah satu definisi kegiatan nggak ngapa-ngapain, membuang waktu, tapi tidak sia-sia. Bukan tanpa alasan. Setiap hari, saya bisa ngejogrok berjam-jam di depan kandang hamster, berdialog satu arah, dan ngetawain si hamster dengan segala kelincahan dan "kebodohan"-nya. Mulai dari muter-muter di rodanya, guling-guling di wadah makanannya, saling panjat dengan roommate-nya, nimbun makanan di dalam mulutnya sampai pipinya jadi kembung sebelah, hingga jatuh bergelinding dari tangga kandangnya.

Sayangnya, yang lucu bagi saya ternyata malah mencelakai hamster-hamster tersebut. Tidak ada seekor pun hamster saya yang mencapai usia enam bulan di rumah. Saya merasa berdosa sekali karena ketidakpahaman saya dalam merawat dan memperhatikan well-being mereka. 

Hamster 101

Salah: Menggunakan kandang jeruji yang banyak di pasaran.

Benar: Menggunakan kandang model akuarium yang berpermukaan datar dan tanpa jeruji, seperti pada foto pertama di post ini. Kandang bertingkat bukanlah kewajiban bagi hamster karena mereka akan rentan sakit, bahkan mati jika terjatuh. Sehingga kalau ingin menggunakan kandang bertingkat tidak boleh terlalu tinggi.

Kriteria alas kandang hamster yang bagus dan aman bagi hamster.

Salah: Bedding atau alas kandang menggunakan serbuk kayu sembarang. Bahkan saya dulu menggunakan serbuk sisa produksi tukang kayu.

Benar: Menggunakan bedding yang khusus untuk hamster, tidak mengandung wewangian, tidak berasal dari kayu pinus atau cedar, dan tebal minimal lima centimeter agar tidak membahayakan hamster yang hobi nyusruk dan jatuh.

Salah: Menempatkan dua (bahkan lebih!) hamster dalam satu kandang.

Benar: Satu kandang atau enclosure untuk satu ekor hamster. Hamster bukan hewan yang mudah kesepian kok. Mereka malah cenderung sering berantem dengan roommate-nya. Jadi kecuali saat akan dikawinkan, hamster sebaiknya terpisah. Apalagi setelah hamster betina hamil dan melahirkan. Bayi-bayi hamster rentan dimakan oleh hamster senior.

Itu adalah beberapa kesalahan saya saat memelihara hamster dulu. Sekarang setelah saya lebih banyak mencari tahu cara merawat hamster dan melihat akun-akun petstagram, saya jadi kepincut untuk memelihara hamster lagi. Apalagi membayangkan serunya bikin meja tv custom merangkap kandang hamster. Tapi karena sudah ada Bibi, si kucing hitam penguasa rumah, jadinya impian menambah hewan peliharaan lain harus kami urungkan. Bisa-bisa hamsternya stress karena terus-menerus diintai.

*

Sumber:
Gambar 1 | Gambar 2 | Gambar 3 | Gambar 4

You Might Also Like

0 komentar

Thank you for spending your time here. Constructive criticism, question, occasional compliment, or a casual hello are highly appreciated.