Buku: The Stories of Choo Choo: You're Not As Alone As You Think

Jumat, Februari 03, 2023

Sometimes getting exactly what you wish for can be the worst thing that happens to you.

Choo Choo, seekor rubah-anjing, lahir dari guratan tangan Citra Marina di waktu bepergiannya menggunakan Commuter Line (atau KRL). Setelah selama ini dikenal melalui akun Instagram @real_choochoo, sekarang Choo Choo hadir dalam bentuk buku.

Bukunya mungil. Bahkan walau dibalut dengan hardcover, ukurannya hanya sedikit lebih besar dari smartphone pada umumnya. Tapi warna biru dan merah yang kontras membuatnya segera mencuri perhatian mata.

Saya belum pernah menemukan Choo Choo di beberapa Gramedia yang saya singgahi. Maka ketika saya hendak berkunjung ke Perpustakaan Cikini, saya bahagia sekali saat tahu buku ini ada di katalog mereka. Benar-benar buku pertama yang saya cari dan langsung genggam ketika mendapatkannya di rak perpustakaan.

Euforia saya terbayarkan ketika membacanya. Kata pengantar dari Alanda Kariza terasa sangat seirama dengan pergumulan kaum penyendiri (seperti Citra Marina, Alanda Kariza, Choo Choo, saya, dan mungkin kamu juga?). Ragam petuah, celotehan, dan kontemplasi Choo Choo membuat saya tersenyum karena merasa tersentil dan kadang membatin, "Iya, juga ya..." atau "Iya, ini aku!"

Selama kurang-lebih 20 menit membaca buku ini, Choo Choo berhasil mengajak saya untuk belajar merasakan, merayakan kebahagiaan, menyapa kesedihan, memilih kebaikan, dan menghargai perbedaan.

Tidak semua individu akan sepemahaman dengan Choo Choo. Ada banyak aspek yang mempengaruhi perbedaan tersebut, salah satu yang disinggung dalam buku ini adalah mengenai kepribadian introvert dan extrovert. Maka dari itu, saya tidak kaget ketika menemukan sebuah akun Goodreads menggunakan kalimat frontal dalam mengungkapkan keheranannya atas buku ini dan para individu yang merasa sepemahaman dengan Choo Choo.

Imagine seeing someone only through a small, tiny window... and thinking that you know their entire life.

Selain layak dibeli untuk koleksi pribadi, buku ini juga cocok menjadi hadiah untuk keluarga, teman dekat, kenalan, atau bahkan untuk acara tukar kado. Karena mungkin, tanpa kita sadari, setiap kita terkadang merasa berbeda dan tidak bisa fit in di lingkungan atau momen tertentu. Biarlah melalui buku ini, tiap kita bisa merasa tidak sendiri.

All in all, mengutip Citra Marina pada bagian penutup buku ini, "The in-between, it's not such a lonely place to be in."

You Might Also Like

0 komentar

Thank you for spending your time here. Constructive criticism, question, occasional compliment, or a casual hello are highly appreciated.