Buku: Empowered ME (Mother Empowers)

Sabtu, Maret 18, 2023

Ketika saya memutuskan untuk akhirnya berlangganan Gramedia Digital Premium, buku dari Puty Puar ini merupakan buku pertama yang saya cari dan baca di aplikasi tersebut. Hanya dalam beberapa jam, saya sudah selesai membacanya dan langsung mengulasnya di akun Goodreads saya.

Dalam buku yang bertajuk Empowered ME (Mother Empowers), Puty Puar mengombinasikan kemampuan berpikir kritis, menggambar, dan kecintaannya pada bullet journaling untuk mengajak para ibu bersahabat dengan diri sendiri. Semakin kita memahami dan berdamai dengan diri, semakin kita menyadari dan menemukan potensi untuk berdaya dan memberdayakan orang lain.

Sama halnya dengan membentuk tali persahabatan dengan orang lain, proses bersahabat dengan diri sendiri juga dimulai dari mengenali dan memahami. Hal ini bukanlah sesuatu yang sederhana karena manusia bersifat dinamis dan selalu berubah. Maka dari itu, memahami diri sendiri menjadi proses seumur hidup.

Awalnya saya mengira buku ini akan menjadi teman saya untuk bersantai. Namun ternyata bukunya lumayan serius memperkenalkan Wheel of Life, serta beragam bagan, kolom, dan tabel, mulai dari habit tracker hingga matriks Eisenhower, yang dapat diisi sesuai tujuan dan kondisi kita, dan dapat menjadi cheat sheet ketika kita mulai merasa hilang arah. Tapi tenang saja, ilustrasi-ilustrasi dari Puty Puar selalu menyegarkan halaman sehingga kita tidak merasa jenuh.

Mengingat latar belakang pendidikan teknik Puty Puar, tidak heran jika Empowered ME disusun dengan sistematis dan mengalir hingga akhir halaman. Bahkan di setiap akhir bab terdapat intisari atau rekapitulasi bab tersebut. Ini sangat membantu bagi pembaca sehingga tidak perlu bolak-balik halaman untuk mengingat kembali poin-poin penting yang bisa dicatat.

Meski saya belum menjadi ibu, tapi isi dari buku ini sangat relatable dengan keseharian saya. Apalagi  beberapa bulan belakangan ini saya memang sering berkontemplasi atas keputusan-keputusan yang saya ambil (atau tinggalkan). Kudos to Mbak Puty yang berhasil menginspirasi tanpa menggurui.

You Might Also Like

0 komentar

Thank you for spending your time here. Constructive criticism, question, occasional compliment, or a casual hello are highly appreciated.